Cara Membuat CV Lamaran Kerja Yang Benar, Simak Selengkapnya di Sini!

Sumber: Canva

Sebelum melamar pekerjaan, kamu wajib membuat dan mempersiapkan Curriculum Vitae. CV ini adalah salah satu dokumen penting dalam mengajukan lamaran kerja di suatu instansi atau perusahaan. Maka dari itu penting untuk mengetahui bagaimana cara membuat CV lamaran yang benar.
Apa yang ada di dalam CV? di dalam CV tentu harus ada mengenai perjalanan hidup seseorang atau pelamar itu sendiri. Isi dalam CV diantaranya adalah informasi nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, riwayat pengalaman di organisasi sekolah atau di lar sekolah, riwayat pendidikan sekolah, riwayat keahlian, prestasi akademik atau non-akademik, sampai kontak pribadi yang aktif dan bisa dihubungi. 
CV juga merupakan awal kamu bisa dikenal oleh perekrut di suatu perusahaan atau intansi. Sebelum interview, CV akan dibuka dan diperiksa. Nah, bagaimana cara membuat CV lamaran kerja yang benar? Dibawah ini akan dijelaskan secara rinci tentang pembuatan CV.

1. Buatlah deskripsi diri singkat tetapi menarik

Sumber: Money Kompas.com

Ketika membuat CV lamaran kerja, kamu dapat mendeskripsikan diri seperti kepribadian, kegemaran, dan aktif dalam kegiatan atau organisasi apa yang telah kamu ikuti. 
Biasanya bagi pelamar yang pernah aktif atau masih aktif dalam suatu organisasi akan menjadi nilai plus dalam perekrutan karyawan baru. Lalu deskripsikan sesuai dengan tujuan dalam melamar di perusahaan.
Jangan lupa untuk mencantumkan kemampuan apa yang dikuasai dan persiapkan untuk perusahaan. Tuliskan secara singkat. 

2. Cantumkanlah pengalaman

Sumber: Iteachandroid

Jika selama menempuh pendidikan kamu aktif dalam suatu organisasi atau pernah menjadi sukarelawan, atau punya pengalaman magang. Deskripsikanlah hal tersebut secara terperinci dan sertakan waktu dalam pengalaman yang pernah diikuti.

3. Sertakan keahlian utama dan pendukung

Sertakan keahlian apa yang kamu miliki, keahlian ini harus sesuai dengan yang dikuasai. Cantumkanlah keahlian yang mudah dikerjakan. Namun, bila tidak memiliki keahlian, bisa juga menjelaskannya dengan deskripsi keahlian yang dituju di perusahaan. 

4. Cantumkan kontak pribadi yang dapat dihubungi

Sumber: Katadata

Kamu bisa mencantumkan nomor telepon, whatsaap, dan E-mail. Tambahan lainya kamu bisa mencantumkan media sosial kamu seperti Instagram atau Facebook.  Ada baiknya, cantumkan media sosial yang peruntukanya untuk pendukung diri dan untuk perusahaan yang dituju.

5. Buatlah CV secara singkat, padat, dan jelas. 

Buatlah CV yang singkat, padat dan jelas. Fungsinya agar CV kamu mudah terpahami oleh sang perekrut, hal ini meningat karena banyak CV lamaran kerja yang masuk dan tentunya tidak mungkin HRD membaca semua CV sampai akhir. Buatlah CV yang membuat kesan pertama mengesankan dan membuat HRD lebih tertarik dengan pribadi kamu. 

6. Jujur

Tuliskan dan deskripsikan kemampuan, pengalaman diri secara jujur dan jangan pernah untuk membuat pengalaman yang tidak kamu alami.  
Hal ini menjadi poin yang penting agar saat waktu wawancara tiba, akan dengan mudah mempresentasikan pengalaman dan ilmu yang sudah di dapat dapat digunakan dan terealisasi saat melakukan pekerjaan.

7. Gunakan bahasa yang mudah dipahami

Gunakan bahasa maupun istilah yang mudah dipahami ketika mendeskripsikan sesuatu dalam CV. Hendaknya pelamar menggunakan kata baku, profesional namun disajikan dalam kalimat yang sederhana.

8. Pemakaian foto formal

Pemakaian foto formal wajib kamu pakai. Karena pemakaian foto adalah hal wajib dan dapat dengan mudah mengidentifikasi profil seseorang. Jika menggunakan foto yang non-formal, akan mengurangi kesan serius dalam melamar pekerjaan.