Beranda ยป Ketahui 2 Niat Puasa Senin Kamis dan 4 Manfaatnya

Ketahui 2 Niat Puasa Senin Kamis dan 4 Manfaatnya

0

Glass of water and dates with alarm clock showing 6 o'clock. Traditional Ramadan, iftar time concept

Ketahui 2 Niat Puasa Senin Kamis dan 4 Manfaatnya, Simak di Sini!

Sumber: Pondok Pesantren Anwarul Huda

Puasa merupakan ibadah kepada Allah SWT yang dilakukan oleh umat islam dengan menahan hawa nafsu serta tidak makan dan minum. Puasa terbagi menjadi 2 jenis, yaitu puasa sunnah seperti puasa senin kamis dan puasa wajib seperti puasa ramadan.
Bagi Anda yang ingin melakukan puasa senin kamis seperti yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW, Anda perlu mengetahui niat puasa senin kamis beserta manfaatnya. Simak ulasan ini lebih lanjut.

Niat Puasa Senin Kamis

Sumber: DetikNews

Seperti yang kita ketahui, sebelum melaksanakan ibadah puasa, kita perlu mengucapkan niat terlebih dahulu. Sama halnya seperti menjalankan puasa senin kamis, terdapat niat yang perlu Anda ucapkan.
Namun, pengucapan niat puasa senin kamis dengan puasa ramadan cukup berbeda, perbedaan terletak di pengucapan niat. Jika hendak melakukan puasa ramadan, niat harus diucapakan sebelum menjalankan puasa, sedangkan puasa senin kamis dapat diucapkan pada saat sedang menjalani puasa selama belum melakukan hal-hal yang membatalkan puasa.

2 Niat Puasa Senin Kamis

Sumber: Kabar24

Niat Puasa Senin
Nawaitu shouma yaumal itsnaini sunnatan lillaahi taaalaa
Artinya: “Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah Taala”
Niat Puasa Kamis
Nawaitu shouma yaumal khomiisi sunnatan lillaahi taaalaa
Artinya: “Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah Taala.”

Manfaat Melaksanakan Puasa Senin Kamis

Sumber: Detik.com

Setiap melakukan suatu ibadah yang telah dianjurkan, pasti terdapat berbagai manfaat dari pelaksanaan ibadah tersebut. Seperti melakukan puasa senin kamis, selain menambahkan pahala, terdapat manfaat bagi kesehatan tubuh kita.
Berikut ini beberapa manfaat puasa senin kamis bagi kesehatan tubuh, yaitu:

Tubuh Menjadi Lebih Sehat

Manfaat melaksanakan puasa senin kamis yaitu tubuh Anda akan menjadi lebih sehat. Hal ini terbukti dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2008 bahwa terdapat sebanyak 4.629 orang yang memiliki risiko arteri koroner melakukan puasa, tingkat risikonya lebih rendah.
Selain itu, terdapat beberapa orang yang berpuasa dengan risiko diabetes yang menunjukan tingkatnya lebih rendah secara signifikan.

Melatih Diri Agar Tidak Mengonsumsi Makanan dan Minuman yang Buruk

Ketika Anda sedang tidak berpuasa, terkadang seringkali minum dan makan banyak hal yang memberikan efek buruk pada tubuh bila dikonsumsi secara berlebihan. Misalnya saja, terlalu banyak mengonsumsi kafein, gula, makanan cepat saji, dan lain lain.
Dengan melakukan puasa senin kamis, konsumsi makanan dan minuman yang berdampak buruk akan berkurang.

Melatih Tingkat Disiplin Diri Sendiri

Saat sedang menjalankan puasa, pasti kita akan menghindari segala sesuatu yang menyebabkan puasa batal secara tidak langsung, karena kita mawas diri. Hal ini dilakukan agar kita tidak menimbulkan dosa atau membatalkan puasa yang sedang dijalani.
Dengan begitu, Anda pasti akan memiliki dorongan untuk meningkatkan ibadah kepada Allah SWT yang memberikan pahala bagi Anda.

Melatih Anda dalam Mengontrol Hawa Nafsu

Di saat seseorang sedang berpuasa, maka sebisa mungkin mereka akan mengontrol dan menekan hawa nafsu. Dengan begitu, Anda bisa mengendalikan emosi buruk selama menjalankan puasa.
Selain itu, ketika sedang puasa, pasti kita akan fokus pada hal-hal baik dan meningkatkan ibadah, sehingga puasa sangat baik untuk meredam hawa nafsu seseorang agar tidak melakukan hal-hal yang tidak baik.
Demikian ulasan mengenai niat puasa senin kamis beserta beragam manfaat yang baik bagi kesehatan diri Anda. Bagaimana menurut Anda mengenai niat puasa senin kamis dan manfaatnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *