5 Keutamaan Sedekah Subuh dan Cara Mengamalkannya, Simak di Sini!

Sumber: Baitul Maal Hidayatullah

Sedekah merupakan amalan yang bisa dilakukan kapan pun dan dimana pun Anda berada, karena sedekah tidak akan membuat Anda menjadi miskin. Tetapi, terdapat keistimewaan bagi umat islam yang melakukan sedekah pada saat subuh atau sebelum matahari terbit.
Maka dari itu, banyak umat islam yang melakukan sedekah ketika selesai sholat subuh jamaah di mesjid, sebab mereka paham keutamaan sedekah subuh. Berikut ini terdapat beberapa keutamaan sedekah subuh dan cara mengamalkannya, yaitu:

1. Terdapat Dua Malaikat yang Mendoakan

Sumber: Gramedia.com

Keutamaan sedekah subuh yang pertama yaitu terdapat dua malaikat yang mendoakan kita atas amalan yang kita lakukan tersebut. Hal ini dijelaskan dalam HR. Bukhari dan Muslim yang menjelaskan bahwa bagi siapa pun yang memutuskan untuk memberikan hartanya, maka akan didoakan oleh malaikat agar rezekinya semakin lancar dan rezeki yang didapatkan berkah.
Selain itu, dalam hadis tersebut dijelaskan bahwa bagi mereka yang tidak melakukan sedekah, maka akan didoakan rezeki mereka ditahan.

2. Permintaan Anda akan Dikabulkan

Sumber: Galamedia News

Melakukan sedekah pada waktu subuh merupakan hal yang paling baik, karena pada waktu tersebut permintaan, doa, atau hajat Anda akan cepat dikabulkan oleh Allah SWT. Terdapat sebuah tausiyah yang menjelaskan bahwa setiap waktu subuh, Allah akan menurunkan malaikat untuk mendoakan mereka yang berinfak.
Tausiyah tersebut juga menjelaskan jika Anda melakukan sedekah subuh sambil berdoa kepada Allah, maka dapat dikabulkan, baik doa berupa memperlancar rezeki, diangkat penyakit yang diderita, maupun dimudahkan segala urusan.

3. Dapat Menghapus Dosa-Dosa Anda

Sumber: Yatim Mandiri

Keutamaan sedekah subuh selanjutnya yaitu dapat menghapus dosa-dosa Anda, serta membawa ketenangan hati bagi siapa pun yang infak di waktu subuh. 
Hal ini disampaikan dalam HR. Trimidzi yang isinya ialah “sedekah dapat menghapuskan dosa, sebagaimana air memadamkan api”.

4. Harta yang Anda Miliki Menjadi Lebih Berkah

Sumber: Ajaib

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sedekah tidak akan membuat Anda menjadi miskin dan jangan takut harta kita akan berkurang banyak karena sedekah. Sebab sedekah yang Anda lakukan, terutama di waktu subuh, akan membuat harta yang kita miliki menjadi lebih berkah.
Hal ini dikarenakan Allah SWT telah mengganti sedekah yang kita keluarkan berkali-kali lipat. Tetapi, Anda juga perlu niat yang tulus dan ikhlas saat bersedekah, agar amalan yang Anda lakukan diterima dengan baik oleh Allah SWT.

5. Anda akan Didekatkan dengan Pintu Surga dan Dijauhkan dari Api Neraka

Sumber: Badan Wakaf Indonesia

Selanjutnya, keutamaan sedekah subuh lainnya yaitu Anda akan didekatkan dengan pintu surga, serta Anda dijauhkan dari api neraka. 
Keutamaan ini terdapat dalam HR. Bukhari dan Muslim yang berisi “Jauhilah api neraka, walau hanya bersedekah sebesar biji kurma. Jika Anda tidak punya, maka Anda bisa dengan kalimat tayyibah”. Maksud kalimat tayyibah seperti basmalah, takbir, tahlil, tahmid, istigfar, dan lain lain.

Cara Mengamalkan Sedekah Subuh

Sumber: IAINU Tuban

  • Anda bisa transfer uang dengan rekening Anda setelah melaksanakan sholat subuh, seperti ke orang yang membutuhkan, teman terdekat, anggota keluarga, dan lain lain.
  • Mengisi kotak amal yang berada di mesjid setelah melaksanakan sholat subuh berjamaah.
  • Mengantarkan sumbangan kepada orang yang membutuhkan setelah subuh.
Demikian ulasan mengenai keutamaan sedekah subuh dan cara mengamalkan sedekah subuh yang perlu diketahui, sehingga Anda dapat berbagi dengan ikhlas dan mendatangkan banyak kebaikan pada hidup Anda.