Jenis-Jenis Kopi Populer di Indonesia, Baca Selengkapnya di Sini!

Sumber: Detikcom

Jenis Kopi yang paling populer di Indonesia merupakan kopi Robusta yang merajai pasar sekitar 80%. Dari Kopi Robusta ini memiliki beberapa varietas yang bisanya disebut dengan single origin.
Single origin adalah hasil budidaya kopi dari sebuah daerah tertentu yang memiliki karakter tersendiri pada setiap daerahnya. Karena Indonesia merupakan salah satu penghasil kopi terbesar di Indonesia, maka sangat banyak sekali single origin yang dimiliki oleh Indonesia.
Nah, berikut ini adalah daftar jenis-jenis kopi populer di Indonesia. Buat kamu yang mengaku pecinta kopi wajib banget untuk mencicipi kopi ‘local pride’ ini, silahkan disimak dengan baik!

Kopi Gayo

Sumber: Lazada

Kalangan professional kopi pasti tidak akan asing dengan Kopi Gayo yang berasal dari Tanah Gayo di Aceh. Daerah Gayo yang berbukit-bukit di sekitar kota Takengon ini memang dikenal sebagai produksi kopi yang subur dan memiliki citra rasa khas Gayo.
Pada tahun 2010 Kopi Gayo berhasil mendapatkan Fair Trade Certified yang berasal dari Fair Trade Coffee. Penamaan salah satu single origin ini sempat mendapatkan masalah, karena sebelumnya nama Gayo merupakan nama yang memiliki hak paten Holland Coffee yang berada di Belanda.
Akan tetapi, berkat kerja keras serta semangat para masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Gayo. Nama Gayo berhasil didapatkan dan diresmikan untuk single origin.

Kopi Java Preanger

Sumber: Shopee

Kopi populer di Indonesia berikutnya berasal dari daerah Priangan, Jawa Barat. Yang pertama kali dibawa oleh Belanda ke Indonesia untuk ditanam pada daerah Jakarta. Kopi Java Preanger memiliki julukan lain yaitu kopi priangan dan kopi Malabar.
Penamaan kopi java preanger ini berasal dari kata preanger. Pada tempo dulu masyarakat Belanda menyebut preanger sebagai priangan, hingga akhirnya untuk mengenang sejarah tersebut single origin ini diberi nama kopi java preanger.

Kopi Mandailing

Sumber: Sumut24

Kopi Populer di Indonesia berikutnya memiliki sejarah kelam yaitu asal muasal penanaman kopi yang berjenis arabika ini berawal dari sistem kerja paksa pada pemerintahan Belanda. Kopi Mandailing sudah diproduksi sejak tahun 1800 an.
Seperti namanya single origin satu ini berasal dari tanah Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara. 

Kopi Bali Kintamani

Sumber: Kintamani.id

Kopi Bali Kintamani adalah salah satu kopi populer di Indonesia, yang memiliki kualitas kopi yang tidak kalah dengan jenis kopi lainnya. Di Mata dunia daerah Bali khususnya Kintamani di Kabupaten Bangli merupakan salah satu daerah penghasil kopi yang memiliki daya tarik tersendiri.
Salah satu daya tarik Kopi Kintamani Bali yang tidak dimiliki kopi lainnya adalah sistem pertanian tradisional yang masih dianut oleh petani Bali yang disebut subak abian.
Subak abian merupakan filsuf yang berasal dari agama Hindu yaitu Tri Karana, yang memiliki arti keharmonisan pada alam. Dari filosofi yang dipegang tersebut para petani kopi di Bali tidak menanam kopi dengan cara agrokimia, yang membuat hasil-hasil kopi Kintamani Bali menjadi kopi organic.

Kopi Sidikalang

Sumber: Lazada

Sidikalang merupakan salah satu daerah yang menghasilkan single origin dengan sangat baik. Daerah ini berada di daerah pegunungan Kabupaten Dairi, provinsi Sumatera Utara.
Kopi Sidikalang merupakan jenis kopi yang berasal dari varietas kopi Arabika. Keistimewaan lainnya dari kopi Sidikalang yaitu merupakan keturunan dari varietas typical yang dibawa oleh Belanda sebagai bibit kopi pertama pada sistem tanam paksa di Indonesia.
Demikianlah informasi jenis-jenis kopi populer di Indonesia yang wajib kamu ketahui, dan cicipi kenikmatan dari ciri khas pada setiap kopinya.