Fakta Penyanyi India Lata Mangeshkar, Sebagai Tokoh Terkenal India

Sumber: News18

Fakta penyanyi legendaris india Lata Mangeshkar cukup populer. India dikenal sebagai Negara yang mempunyai populasi penduduk yang begitu besar. Bahkan karena besarnya populasi di Negara ini membuat India mempunyai potensi menjadi Negara maju. Di Negara India juga memiliki sumber daya manusia mumpuni dan dikenal akan budaya yang beragam. Ada penyanyi yang memiliki suara merdu dengan nama Lata Mageshkar. Berikut Fakta Penyanyi Legendaris India Lata Mangeshkar Sebagai Tokoh Terkenal antara lain :

Memulai karir musik dibawah pengawasan ayahnya

Sumber: Rediff.com

Lata Mangeshkar sudah dikenal lama menekuni dunia musiknya sendiri. Kala itu Lata Mangeshkar bersama ayahnya yang juga seorang musisi berlatih bersama. Lata memulai karir musik dibawah pengawasan ayahnya secara langsung sehingga dirinya belajar banyak hal tentang musik melalui ayahnya. Sang ayah yang bernama deenanath mengajarkannya bermain musik di usianya yang masih menginjak 5 tahun. Hal inilah yang membuatnya memiliki inspirasi hidup dan menjadikan impian bermusik menjadi kenyataan.

Ayahnya tiada ketika usia Lata Mangeshkar menginjak 15 tahun

Sumber: DNA India

Siapa sangka sang ayah yang begitu dekat dengan Lata Mangeshkar wafat di usianya yang masih muda. Lata Mangeshkar yang berusia 15 tahun kala itu terpaksa memutar otak mencari nafkah untuk menghidupi keluarganya. Kala itu, dirinya pindah dim Mumbai tepat pada tahun 1945. Lata Mangeshkar begitu bekerja keras sembari mengejar karir di industry musik walau sebenarnya dirinya tidaklah nyaman berada didepan kamera. Karena ketekunan dan tekadnya yang keras menjadikan Lata Mangeshkar sebagai seorang musisi yang energik dan bertalenta.

Memiliki suara yang bernada tinggi

Sumber: Kompas.com

Lata Mangeshkar dikenal memiliki suara yang bernada tinggi. Suaranya bahkan menjadikannya banyak membuat lagu atau instrument yang kemudian dipakai di beberapa film Bollywood. Lata Mangeshkar bahkan sudah menyanyikan hingga 980 judul lagu yang semuanya terdaftar di film Bollywood. Bakatnya akan dikenal luas dan patut untuk dijadikan teladan.

Baca juga: Deretan Berita Artis Indonesia Terbaru

Dikenal sebagai ratu melodi

Sumber: News18

Wah siapa yang mengira bahwa ratu melodi di India adalah Lata Mangeshkar. Kemampuannya dalam menulis lagu hingga rekaman film membuat para composer kagum kepadanya. Lata Mangeshkar juga dijadikan inspirasi oleh para composer di India sehingga seiring berjalannya waktu karirnya terus meningkat naik. Lagu terkenalnya mulai dari pyaar kiya toh darna kya menjadikannya inspirator yang patut untuk dibanggakan.

Diakui oleh composer terkenal AR Rahman

Sumber: The News Minute

Lata Mangeshkar juga diakui oleh composer terkenal AR Rahman. Sang composer berkata bahwa Lata Mangeshkar tidak hanya sebagai ikon, namun dia juga menjadi bagian penting dari puisi dan musik India. Kekosongan ini akan terus terjaga hingga dalam waktu yang sangat lama atau bisa dikatakan selamanya. Dominasi musik Bollywood terus dipegang oleh keluarga Lata Mangeshkar baik dari adiknya sendiri yakni Asha Bhosle dan lainnya. Keluarga dari Lata Mangeshkar memang sudah mendominasi tangga lagu hingga kurun waktu setengah abad lamanya.

Tampil di setiap perdana menteri

Sumber: Mint

Ketenaran dari Lata Mangeshkar tidak berhenti sampai disini. Dirinya bahkan juga sering tampil setiap perdana menteri. Berbagai lagu telah ditunjukan dan disebarluaskan sehingga membuatnya dikenal hingga seantero India. 

Melakukan tur keliling dunia

Sumber: Scroll.in

Lata Mangeshkar juga pernah melakukan tur keliling dunia yang tepatnya pada tahun 1974. Tur pertamanya ini dilakukan di Royal Albert Hall di London. 

Fakta Penyanyi Legendaris India Lata Mangeshkar Sebagai Tokoh Terkenal begitu mengagumkan. Lata Mangeshkar bahkan mampu menguasai hingga 36 bahasa lokal dan daerah India.

Baca juga: 5 Hadits Tentang Sabar yang Perlu Diteladani