kelahiran bayi adalah anugerah luar biasa yang membawa kebahagiaan bagi orang tua dan keluarga. Dalam Islam, momen istimewa ini diiringi dengan doa dan harapan baik untuk sang buah hati. Berikut beberapa doa yang dapat dipanjatkan untuk bayi yang baru lahir:

1. Doa Mohon Keberkahan dan Kebaikan

Arab-Latin: Allāhummaj’alhu barran taqiyyan rasyîdan wa-anbit-hu fil islâmi nabâtan hasanan.

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah ia (bayi) orang yang baik, bertakwa, dan cerdas. Tumbuhkanlah ia dalam Islam dengan pertumbuhan yang baik.”

Doa ini memohon kepada Allah SWT agar bayi tersebut menjadi anak yang sholih (baik), bertakwa, dan cerdas. Selain itu, doa ini juga mengharapkan pertumbuhan yang baik dalam ajaran Islam.

2. Doa Mohon Perlindungan dari Godaan Setan

Arab-Latin: Wa inni a’uzu bika wadzurriyyataha minasy syaithanir rajim.

BACA JUGA : 10 Doa Nabi Daud yang Harus Anda Ketahui

Artinya: “Dan aku berlindung kepada-Mu untuknya dan keturunannya dari godaan setan yang terkutuk.”

Doa ini memohon perlindungan kepada Allah SWT dari godaan setan yang terkutuk, baik untuk bayi tersebut maupun keturunannya kelak.

3. Doa Mohon Kesehatan dan Keberkahan Orang Tua

Arab-Latin: Barakallahu laka fil mauhubi laka wasyakartal-wahiba wa balagha asyuddahu wa ruziqta birrohu.

Artinya: “Semoga Allah memberikan keberkahan kepadamu atas anugerah yang telah diberikan kepadamu dan semoga ia (bayi) menjadi anak yang menyenangkan dan ia bisa mencapai usia dewasa dan semoga engkau diberi rezeki berupa ketaatannya kepadamu.”

Selain mendoakan bayi, doa ini juga mengucapkan syukur atas kelahiran sang buah hati dan memohon keberkahan serta ketaatan kepada orang tua.

Itulah doa untuk bayi yang baru lahir, dianjurkan untuk membacakan doa tersebut di telinga kanan bayi. Selain itu, doa dapat diulangi sebanyak yang diinginkan dan doa diiringi dengan tiupan lembut di telinga bayi. Yang terpenting, bacalah doa dengan ikhlas dan penuh kasih sayang.

Selain doa-doa di atas, orang tua juga dapat membaca surat Al-Fatihah, Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas. Membacakan azan dan iqamah di telinga kanan dan kiri bayi juga termasuk tradisi yang dianjurkan. Dengan doa dan harapan baik, InsyaAllah kelahiran bayi menjadi awal yang berkah dan membawa kebahagiaan dunia akhirat.

BACA JUGA : Ketahui 2 Niat Puasa Senin Kamis dan 4 Manfaatnya