Mengenal Malaikat Jibril : Malaikat yang Punya 600 Sayap. Simak Selengkapnya di Sini!

Sumber: Kalam SINDO News

Malaikat merupakan salah satu makhluk ciptaan Allah SWT yang memiliki tugas masing-masing. Jumlah malaikat sendiri diketahui hingga ribuan banyaknya, tetapi hanya ada 10 nama malaikat yang wajib diketahui oleh manusia.
Malaikat Jibril merupakan salah satu malaikat yang wajib diketahui maupun dikenal oleh para manusia. Malaikat ini memiliki tugas untuk meyampaikan wahyu dari Allah SWT kepada para rasul. 
Tak hanya itu saja, Malaikat Jibril juga disebutkan memiliki tugas lain yaitu meniup roh kepada setiap janin yang masih berada di dalam kandungan. Agar kemudian bisa menjalani kehidupan di dunia.

Keberadaan Malaikat Jibril Menurut Al-Quran

Sumber: Portal Bolmong

Adapun keberadaan dari Malaikat Jibril disebutkan beberapa kali dalam al-Quran. Salah satunya sebagai berikut:
قُلْ نَزَّلَهٗ رُوْحُ الْقُدُسِ مِنْ رَّبِّكَ بِالْحَقِّ لِيُثَبِّتَ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَهُدًى وَّبُشْرٰى لِلْمُسْلِمِيْنَ
Katakanlah:”Ruhul Qudus (Jibril) menurunkan al-Quran itu dari Rabbmu dengan benar, untuk meneguhkan (hati) orang-orang yang telah beriman, dan menjadi petunjuk serta kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri (kepada Allah).” (QS. Surat An Nahl: 102).
Selain itu, Allah juga berfirman dalam surah Al Baqarah:
لْ مَنْ كَانَ عَدُوًّا لِّجِبْرِيْلَ فَاِنَّهٗ نَزَّلَهٗ عَلٰى قَلْبِكَ بِاِذْنِ اللّٰهِ مُصَدِّقًا لِّمَا بَيْنَ يَدَيْهِ وَهُدًى وَّبُشْرٰى لِلْمُؤْمِنِيْنَ
Katakanlah:”Barang siapa menjadi musuh Jibril, maka Jibril itu telah menurunkan (al-Quran) ke dalam hatimu dengan seizin Allah; membenarkan apa (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjadi petunjuk serta berita gembira bagi orang-orang yang beriman”. (QS. Al Baqarah: 97)

Tugas Malaikat Jibril

Sumber: Depoknetwork.com

Malaikat Jibril juga disebutkan sebagai malaikat yang diberi tugas untuk mengatur segala urusan: 
تَنَزَّلُ الْمَلٰۤىِٕكَةُ وَالرُّوْحُ فِيْهَا بِاِذْنِ رَبِّهِمْۚ مِنْ كُلِّ اَمْرٍۛ 
Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Rabbnya untuk mengatur segala urusan. (QS. Surat Al Qadr: 4)
Ibnu hatim dari Atho’ bin Assaib pernah berkata, pada hari kiamat esok makhluk yang pertama kali dihisab adalah Malaikat Jibril AS karena dia adalah makhluk yang dipercaya Allah untuk menyampaikan wahyu pada rasul-Nya dan Malaikat Jibril merupakan makhluk yang pertama kali megucap “Subhana Robbiyal A’la”.

Wujud Malaikat Jibril

Sumber: Kompasiana.com

Dalam sebuah hadits, Malaikat Jibril disebutkan memiliki wujud yang besar dengan jumlah sayap sebanyak 600 yang jarak antara dua sayapnya bagaikan perjalanan selama 500 tahun.
Tak hanya itu saja, Malaikat Jibril juga digambarkan memiliki bulu dari kepala hingga telapak kaki yang memiliki warna seperti za’faron. Setiap bulunya memiliki cahaya bagaikan cahaya maahari, dikisahkan bahwa Malaikat Jibril setiap hari menyelam lautan cahaya hingga 360 kali.
Rasulullah SAW pernah diperlihatkan bentuk asli dari Malaikat Jibril ketika beliau sedang melaksanakan Isra Miraj. Hal ini diceritakan dalam sebuah hadits, ketika Abu Zar r.a. bertanyakepada Rasulullah, “Wahai Rasulullah, apakah engkau melihat Tuhanmu?” Rasulullah Saw. menjawab: 
نُورٌ أَنَّى أَرَاهُ”. وَفِي رِوَايَةٍ “رَأَيْتُ نُورًا
“Nur, mana mungkin aku dapat melihatnya.”
Menurut riwayat yang lain, disebutkan sebagai berikut: “Saya hanya melihat nur.” (diketengahkan oleh Imam Muslim). 
Yang dimaksud dari Nur adalah Malaikat Jibril AS seperti yang telah ditetapkan dalam kitab Sahihain melali Siti Aisyah Ummul Muminin dan Ibnu Mas’ud.
Adapun jumlah sayap malaikat berbeda-beda banyaknya, hingga salah satu diantaranya memiliki jumlah sayap yang sangat banyak yaitu Malaikat Jibril. Rasulullah sendiri yang menyaksikan betapa besarnya wujud Malaikat Jibril yang bisa memenuhi cakrawala.
Imam Ahmad meriwayatkan dari Ibnu Mas’ud, ia berkata, Rasulullah s.a.w. bersabda,
“Aku melihat Jibril, ia memiliki enam ratus sayap dari bulunya berhamburan titisan permata dan mutiara.”
Itulah beberapa informasi tentang Malaikat Jibril, semoga kita bisa mengambil kebaikan dari artikel ini. Mohon maaf apabila terdapat beberapa kesalahan yang disengaja maupun tidak disengaja.