Beranda ยป Jajanan Pasar yang Masih Eksis Hingga Sekarang

Jajanan Pasar yang Masih Eksis Hingga Sekarang

0

Jajanan Pasar yang Masih Eksis Hingga Sekarang, Simak di Sini!

Sumber: Kompas.com

Masih banyak orang yang beranggapan jika jajanan pasar adalah makanan yang ketinggalanan zaman. Sehingga mereka enggan mencicipi jajanan pasar.
Padahal jajanan pasar merupakan makanan mewah yang dahulu kala hanya disediakan untuk para bangsawan saja. Meskipun sudah ada sejak nenek kamu lahir, jajanan pasar terus eksis dan meramaikan pasar makanan di Indonesia.
Bahkan banyak jenis jajanan pasar yang mulai dikenal mancanegara. Dan banyak para bule menyukai jajanan pasar yang memiliki ciri khas rasa, dan tekstur yang sangat berbeda dengan jajanan pasar kekinian.
Berikut dibawah ini adalah daftar-daftar jajanan pasar yang masih eksis. Silahkan disimak dengan baik!

Kue Cucur

Sumber: Cookpad.com

Kue cucur memiliki rasa yang sangat manis, karena terbuat dari tepung terigu yang dicampur dengan gula aren lalu digoreng. Sehingga membuat kue cucur memiliki warna coklat emas, yang terlihat sangat menggoda untuk dicicipi.
Jika dilihat sekilas kue cucur seperti bunga lotus yang memiliki pinggiran tipis, dan bentuk tengah kue cucur yang tebal. Karena rasanya yang sangat enak untuk dinikmati biasanya kue cucur dinikmati ketika sore hari dengan secangkir teh panas.

Bikang

Sumber: Sajianlezat.com

Jajanan pasar berikutnya yang masih eksis hingga saat ini yaitu Bikang yang sangat terkenal diseluruh nusantara. Bikang paling populer di Jawa Tengah yang biasanya disebut dengan nama Carabikang. Bentuk Bikang biasanya bundar dan sedikit mengambang pada bagian tengahnya. Sedangkan warna pada Bikang memiliki warna warni seperti hijau merah muda coklat, putih, dan lainnya.

Kue Bugis Mandi

Sumber: Sweetrip Indonesia

Kue Bugis Mandi merupakan jajanan pasar yang masih eksis berikutnya memiliki ciri khas saus santan kental yang dihidangkan dengan cara direndam atau disiram. 
Kue Bugis mandi memiliki beberapa isian yang dapat dipilih sesuai selera yang kamu suka, yaitu isi parutan kelapa tau isi kacang hijau. Selain rasanya yang sangat enak kue bugis memiliki warna-warni yang sangat menggoda.

Kue Putu Ayu

Sumber: ResepKoki

Kue Putu Ayu adalah jajanan pasar yang masih eksis dibuktikan dapat dengan mudahnya kamu menemukan jajanan pasar satu ini. Bentuknya sangat cantik dan memiliki warna yang sangat menggoda.
Bentuk bunga Putu Ayu berasal dari cetakkan ketika proses pembuatan kue putu ayu ini. Biasanya kue putu ayu akan dijual pada toko-toko kue, dan menjadi salah satu menu yang akan cepat habis.
Kue putu ayu memiliki rasa yang manis serta tekstur yang sangat mirip seperti bolu. Bisanya putu ayu dibuat dari adonan yang berasal dari campuran tepung ketan dan tepung beras.

Kue Putu

Sumber: Jessica Bakery

Kue Putu masih sangat eksis hingga saat ini. Di Beberapa kota besar bahkan ada penjual kue putu yang berjualan sudah hampir 20 tahun, bahkan usaha tersebut menjadi usaha turun temurun.
Ciri khas dari kue putu dalam proses pembuatannya yaitu terdengar suara siulan yang berasal dari bambu dalam proses memasak kue putu. Seringkali juga kue putu ditemukan pada pedagang keliling yang ditandai dengan suara siulan tersebut.
Kue putu memiliki warna hijau dan putih, yang didalamnya terdapat gula merah. Paling enak disantap ketika dalam keadaan hangat.

Lumpia

Sumber: Masak Apa Hari Ini?

Jajanan pasar yang masih eksis berikutnya datang dari Semarang yaitu Lumpia. Kamu pasti tidak akan asing dengan jajanan pasar saru ini.
Terbuat dari kulit lumpia dari tepung gandung lalu diisi dengan telur, sayur, daging, seafood, dan rebung. Biasanya lumpia digoreng dan dihidangkan bersama sambal atau cabai.
Nah, sekarang kamu sudah tahukan jajan pasar tradisional yang masih eksis sampai saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *