Kumpulan Ayat Dalam Al Quran dan Hadits Tentang Pernikahan

Seperti yang diketahui bahwa menikah merupakan salah satu ibadah yang dianjurkan dalam ajaran Islam dan menjadi sunah Rasul. Ada banyak anjuran dan keutamaan menikah yang termaktub baik dalam Al Quran maupun hadits.

Oleh karena itu, dalam tulisan kali ini akan akan memberikan kumpulan ayat dalam Al Quran dan hadits tentang pernikahan. 

Kumpulan Ayat Dalam Al Quran Tentang Pernikahan

  1. QS Az-Zariyat Ayat 49

Dalam ayat ini menjelaskan bahwa Allah Subhana wa Ta’ala menciptakan segala sesuatunya berpasang-pasangan. 

Allah Subhana wa Ta’ala berfirman :

Artinya : “Dan segala sesuatu Kami cipatkan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat kebesaran Allah.”

  1. QS An Nisa Ayat 1

Allah Subhana wa Ta’ala berfirman :

Artinya : “Hai manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu Yang menciptakan kamu dari satu jiwa, dan darinya Dia menciptakan jodohnya, dan mengembang-biakan dari keduanya banyak laki-laki dan perempuan, dan bertakwalah kepada Allah Subhana wa Ta’ala yang dengan nama-Nya kamu saling bertanya, terutama mengenai hubungan tali kekerabatan. Sesungguhnya Allah Subhana wa Ta’ala adalah pengawas atas kamu.”

Kumpulan Hadits Tentang Keutamaan Pernikahan

  1. Menyempurnakan Agama

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda: 

Artinya : “Jika seseorang menikah, maka ia telah menyempurnakan separuh agamanya. Karenanya, bertakwalah pada Allah pada separuh yang lainnya.” (HR. Al-Baihaqi)

  1. Menjaga Kemaluan

Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

Artinya : “Wahai para pemuda, barangsiapa yang memiliki baa-ah, maka menikahlah. Karena itu lebih akan menundukkan pandangan dan lebih menjaga kemaluan. Barangsiapa yang belum mampu, maka berpuasalah karena puasa itu bagai obat pengekang baginya.” (HR. Bukhari no. 5065 dan Muslim no. 1400)

  1. Menjaga Pandangan Pada Yang Haram

Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

Artinya : “Sesungguhnya wanita itu maju dalam rupa setan dan membelakang dalam rupa setan. Jika salah seorang dari kalian melihat wanita yang mengagumkannya, maka datangilah istrinya. Karena hal itu menghilangkan apa yang terdapat dalam dirinya.” (HR. Muslim no. 1403)

  1. Menjadi Golongan Yang Ditolong Allah

Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

Artinya : “Ada tiga kelompok manusia yang pasti ditolong oleh Allah; (1) mujahid di jalan Allah; (2) pemuda yang menikah untuk menjaga kehormatan diri; dan (3) budak yang berusaha memerdekakan diri (agar lebih leluasa beribadah).” (HR. Ahmad no. 7416)

  1. Untuk Mendapatkan Keturunan

Diriwiyatkan oleh Abu Umamah radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda: 

Artinya : “Menikahlah, karena sesungguhnya aku akan membangga-banggakan jumlah kalian kepada umat-umat lain pada hari kiamat, dan janganlah kalian seperti para pendeta Nasrani.” (HR. Al-Baihaqi no. VII/78)

  1. Mengikuti Sunnah Rasul

Dari Abu Ayyub radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda: 

Artinya : “Ada empat perkara yang termasuk Sunnah para Rasul; rasa malu, memakai wewangian, bersiwak, dan menikah.” (HR. At-Tirmidzi no. 1086)

  1. Menikahi Wanita Berdasarkan Agamanya

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda: 

Artinya : “Wanita dinikahi karena empat perkara; karena hartanya, keturunannya, kecantikannya, dan agamanya; maka pilihlah wanita yang taat beragama, niscaya engkau beruntung.” (HR. Al-Bukhari no. 5090 dan Muslim no. 1466)

  1. Anjuran Menikah Dengan Perawan

Ibnu Majah meriwayatkan dari Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam, bahwa beliau bersabda:

Artinya : “Nikahlah dengan gadis perawan, sebab mereka itu lebih manis bibirnya, lebih subur rahimnya, dan lebih ridho dengan yang sedikit.” (HR. Ibnu Majah no. 1861)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *