Deretan Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan Tubuh, Simak di Sini!

Sumber: Halodoc


Bagi yang hobi dengan kegiatan masak-memasak, tentu saja kalian sudah tidak asing lagi dengan daun salam bukan? Hal itu bukan alasan, mengingat daun salam merupakan salah satu rempah khas nusantara yang kerap digunakan untuk bahan bumbu pada berbagai jenis masakan. 
Tak hanya dijadikan bahan bumbu masakan, ternyata daun salam juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh lho. Lantas, seperti apa sajakah manfaatnya? Adapun mengenai beberapa manfaat daun salam untuk kesehatan tubuh seperti di bawah ini:

1. Untuk Menyehatkan Saluran Pencernaan

Sumber: Wikipedia

Manfaat pertama dari daun salam yang harus kamu ketahui, yakni dapat menyehatkan saluran pencernaan. Menurut kabar yang beredar, kandungan pada daun salam ini akan membantu untuk melancarkan buang air kecil, menurun kadar dacun dalam saluran pencernaan, hingga meredakan sakit perut. 
Bahkan yang lebih hebatnya lagi, air rebusan daun salam diyakini mampu untuk mengatasi masalah iritasi usus besar serta mengurangi gejala penyakit celiac. Bukan hanya itu, daun salam juga memiliki kandungan enzim yang berfungsi untuk membantu pencernaan protein yang sulit diproses di dalam tubuh, sehingga penyerapan nutrisinya akan menjadi lebih optimal. 

2. Dapat Memelihara Kesehatan Jantung

Sumber: Klikdokter

Sebagaimana yang sudah kita ketahui bahwa jantung merupakan salah satu ogran paling penting dalam tubuh. Itu sebabnya, mengapa banyak orang yang berusaha melakukan berbagai cara demi memelihara kesehatan jantungnya. 
Salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk memelihara kesehatan jantung, yakni dengan mengonsumsi air rebusan daun salam. Pasalnya, daun salam memiliki kandungan asam caffeic dan senyawa organik yang bertugas untuk memelihara kesehatan jantung. 
Hal itu pun sudah dibuktikan pada beberapa penelitian, bahwa air rebusan daun salam akan memperkuat dinding kapiler di jantung serta menurunkan kadar kolesterol jahat di sistem kardiovaskular. 

3. Mampu Menangkal Penyakit Kanker

Sumber: Alodokter

Daun salam memiliki beragam kandungan zat positif yang diantaranya berupa antioksidan, senyawa organik, katekin, linalool, fitonutrien, dan parthenolide. Nah, kandungan tersebutlah yang bertugas untuk menghambat pertumbuhan sel kanker serviks, serta dapat membantu dalam melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. 
Radikal bebas tersebut menjadi pemicu timbulnya berbagai penyakit kronis, termasuk penyakit kanker. Dengan mengonsumsi air rebusan daun salam secara rutin dan teratur, tentu saja risiko terkena penyakit kankernya akan semakin rendah. 

4. Dapat Mengurangi Peradangan dan Iritasi

Sumber: Jawapos.com

Daun salam mempunyai sifat antiinflamasi yang sudah terbukti cukup efektif untuk mengurangi peradangan di dalam tubuh secara keseluruhan. Bukan hanya itu, daun salam juga dilengkapi dengan kandungan fitonutrien bernama parthenolide yang dapat membantu dalam mengurangi masalah iritasi. 
Kandungan tersebut akan bekerja ketika di oleskan ke area tubuh yang mengalami peradangan, contohnya seperti sendi atau area yang terkena artritis. Selain dengan cara dioles, kamu juga bisa meminum air rebusan daun salam untuk mengurangi peradangan dan iritasi di dalam tubuh. 

5. Dapat Mengatasi Kecemasan dan Stress

Sumber: Greeners.co

Manfaat berikutnya dari daun salam yang akan dibahas, yakni dapat mengatasi kecemasan dan stress. Berdasarkan dari hasil penelitian, menyebutkan bahwa aroma daun salam dapat membantu untuk mengurangi tingkat hormon stress dalam tubuh. 
Untuk mendapatkan sensasi relaks, kamu bisa menggunakan daun salam sebagai aromaterapi. Dengan menghirup aroma dari daun salam tersebut, maka perasaanmu akan merasa lebih tenang dan nyaman lho. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?