Goksss.com – Salah satu jenis tanaman yang seringkali digunakan sebagai obat adalah kunyit putih. Semua bagian pada kunyit putih ini dapat dimanfaatkan mulai dari akarnya, minyaknya, hingga daunnya sekalipun.

Tanaman asli dari Indonesia dan India ini memang sudah banyak dibudidayakan diberbagai negara lainnya. Kunyit putih ini memiliki daging yang lebih lunak dan rasanya sangat mirip dengan jahe, meski diakhirnya akan meninggalkan jejak rasa pahit.

Kandungan nutrisi dan zat antioksidan pada kunyit dipercaya baik untuk kesehatan dan juga kecantikan wajah ataupun kulit.

Manfaat kunyit putih untuk kesehatan dan kecantikan sangatlah luar biasa. Berikut dibawah ini 5 manfaat luar biasa kunyit putih untuk kesehatan dan kecantikan diantaranya yaitu:

1. Antimikroba dan Antijamur  

Adanya sebuah penelitian yang membuktikan jika ekstrak kunyit putih ini dapat melawan berbagai bakteri sumber penyakit.

Bakteri seperti E.Coli yang dapat menyebabkan berbagai masalah pencernaan seperti diare dan keracunan makanan serta Staphylococcus Aureus yang dapat menyebabkan bisul, impetigo, selulitis, sepsis, dan osteomyelitis.

Selain itu juga kunyit putih ini dapat membantu melawan infeksi jamur Aspergillus dan Candida. Kunyit putih juga bisa kamu manfaatkan sebagai obat kumur yang ampuh dapat mengurangi bakteri jahat di mulut.

2. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Minyak esensial yang terkandung didalam kunyit putih memiliki manfaat didalam pengobatan cacingan, perut kembung, kolik, kejang otot, penurunan nafsu makan, lidah terasa pahit, dan jarang buang air besar.

Terlebih lagi kunyit putih ini bisa dijadikan sebagai bantuan alami untuk mencegah radang usus karena stress.

3. Obat Alergi Alami

Manfaat kunyit putih untuk kesehatan yang selanjutnya adalah sebagai obat alergi alami. Senyawa Curcuminoids didalam kunyit putih dapat dimanfaatkan sebagai anti – alergi dan memang terbukti ampuh dapat mengatasi gejala reaksi alergi pada kulit.

Nantinya kunyit putih ini akan bekerja seperti antihistamin yang dapat menghambat aktivitas protein penyebab peradangan dan mencegah pelepasan histamine, sebuah zat kimia yang menjadi pemicu terjadinya reaksi alergi.

Baca juga: Seperti Inilah Cara Meningkatkan Kesuburan Pria yang Ampuh

4. Penghilang Rasa Sakit   

Kunyit putih juga memiliki sifat analgesic yang lebih baik daripada aspirin, sehingga menjadikan rempah yang satu ini dapat membantu menghilangkan rasa sakit.

Karena rempah asal Indonesia ini mengandung senyawa alami sehingga sejak dari dulu dipercaya dapat mengobati penyakit radang usus atau ulcerative colitis.

Dan bahkan dalam terapi jangka pendek, kunyit putih ini bisa membantu melindungi paru paru pasien asma.

Dimana manfaat kunyit putih ini dapat menekan peradangan pada bronkus yang dapat menyebabkan terjadinya penyempitan saluran udara.

5. Anti Peradangan

Kunyit putih juga bisa dimanfaatkan sebagai antiperadangan. Hal tersebut terkait dengan adanya kandungan diuretic didalamnya.

Oleh karena itu rempah yang satu ini dipercaya ampuh dapat mengatasi nyeri sendi akibat rematik dan arthritis.

Sifat diuretic pada kunyit putih dapat membantu menghapus zat beracun didalam tubuh dan cairan yang berlebih, terlebih pada persendiaan.

Jika tidak ada detoksifikasi, maka hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya peradangan dan nyeri pada kasus artritis dan rematik.

Dan bahkan kunyit putih juga bisa dimanfaatkan sebagai penawar racun gigitan ular karena ekstraknya akan bekerja dengan cara menghambat aktivitas racun ular.

Kunyit putih ternyata tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan saja tetapi juga untuk kecantikan seperti dapat mencerahkan wajah, mengobati jerawat, dan memberikan kesegaran pada kulit.

Kamu bisa menggunakan kunyit putih tersebut secara teratur dan rutin jika memang diperlukan. Pastikan menggunakannya itu tidak berlebihan karena jika berlebihan justru akan berdampak buruk nantinya.

Baca juga: Anda Ingin Hidup Sehat? Berikut Ini Tips dan Caranya